Hidung Berdarah ( Mimisan ), Bisul, Batuk, Sariawan, Sakit Mata? ATASI DENGAN DAUN INI

Anda pernah dengar arti “ nyirih “? ini adalah rutinitas mengunyah daun sirih yang kerap dikerjakan oleh orang-orang tua dulu, bahkan hingga sekarang ini masih banyak dikerjakan. Serta seperti yang Anda saksikan, umumnya gigi orang yang mempunyai rutinitas nyirih terus kuat serta sehat, meskipun usianya telah tua renta. Nah, inilah salah satu faedah dari daun sirih yang sudah banyak dibuktikan dengan cara empiris. Serta butuh juga di ketahui, bahwa nyatanya masih banyak manfaat serta faedah daun sirih untuk kesehatan kita.

Tanaman sirih di kenal dengan beragam nama daerah seperti suruh, sedah (Jawa), seuruh (Sunda). Tanaman ini memiliki ciri berdaun tunggal, warna cokelat kehijauan hingga cokelat. Helaian daun berupa bundar telur hingga lonjong, ujung runcing, pangkal berupa jantung atau agak bundar berlekuk sedikit, tepi daun rata agak menggulung kebawah, permukaan atas rata, licin agak mengkilat, tulang daun agak terbenam ; permukaan bawah agak kasar, kusam, tulang daun menonjol, permukaan atas berwarna lebih tua dari permukaan bawah, tangkai daun bulat, warna cokelat kehijauan. Sisi yang dipakai yaitu daunnya. (Baca juga : Langkah Budidaya Tanaman Sirih)

Senyawa Kimia : Minyak atsiri (kavikol), polivenol

Manfaat Empirik :
Daun untuk hidung berdarah (mimisan), bisul, batuk, sariawan, sakit mata. Kandungan serta dampak farmakologi daun sirih : 4-alil-pirokatekol juga sebagai anti oksidan ; alil-atekol, asparagin juga sebagai antisickling serta diuretik ; cadinene juga sebagai anti feedant, perasa serta pemberi aroma ; carvacrol juga sebagai anestetik, anthelminitk, antiatherosclerotik, antibakterial, antidiuretik, antiinflamasi, antimelanomik, antioksidan, antiplak, antiprostaglandin, antiseptik, antitusif, candidisida, karminatif, ekspektoran, fungisida, iritan, dsb ; caryopphyllene juga sebagai analgesik, antibakteri, antifeedant, antispasmodik, antiacne dsb ; cavicol juga sebagai fungisida serta nematisida ; cineol estragol juga sebagai pencegah kanker, insektisida, antiagregant ; eugenol juga sebagai analgesik, antibakteri, anestetik, antioksidan, antiseptik, cancer preventive ; eugenol-metil-eter juga sebagai cancer preventive, DNA-binder, hypothermic, myorelaxant.

Langkah Penggunaan :
Antiseptik, pembasmi bau mulut, obat batuk : 2 lembar daun diseduh dengan air panas, sesudah dingin diminum.
Keputihan : 7-10 lembar daun sirih di rebus dengan 2, 5 liter air mendidih. Air rebusan dalam situasi masih tetap hangat digunakan untuk membersihkan sekitar daerah kema*luan, kerjakan dengan cara berkali-kali.
Catatan :
Untuk wanita umur produktif dianjurkan tak memakai rebusan daun sirih dengan cara berkali-kali lantaran karakter dari senyawa yang terdapat dalam sirih berbentuk mengeringkan mukosa rahim.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar